Anda termasuk penyuka kegiatan yang penuh dengan tantangan? Outbond mungkin cocok untuk Anda. Outbond adalah kegiatan pelatihan yang dilakukan di ruang terbuka (alam) yang disertai dengan kegiatan fisik yang mendukung. Selain dapat menyehatkan tubuh, outbond juga memiliki manfaat lainnya yaitu melatih kekompakan, menumbuhkan jiwa kerja sama antar tim, memupuk rasa tanggung jawab serta tidak mudah menyerah. Outbond sering dilakukan untuk berbagai pelatihan baik pada organisasi resmi maupun yang tidak resmi yang bertujuan untuk refreshing anggota. Serta untuk meningkatkan jalinan kekeluargaan yang erat antar anggotanya.

Tips Sebelum Memulai Outbond

Sebelum memulai outbond, Anda perlu menyiapkan fisik maupun mental agar kegiatan outbond yang dilakukan berlangsung lancar dan sesuai dengan tujuan. Kurangnya persiapan yang matang sebelum melakukan outbond dapat menyebabkan kecelakaan, maupun gangguan lain yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa tips sebelum melaksanakan outbond:

  • Periksa lokasi atau zona outbond

Memeriksa zona outbond sangatlah penting dilakukan sebelum kegiatan outbond berlangsung. Hal tersebut bertujuan agar kita lebih mengenal medan berikut menghindari potensi bahaya yang mungkin timbul dari medan yang akan dilalui tersebut. Selain itu, pengecekan lokasi outbond juga bermanfaat untuk menyesuaikan jenis permainan dengan kondisi medan yang ada. Apabila telah pemeriksaan telah dilaksanakan maka dapat menimbulkan rasa aman bagi para peserta outbond.

  • Pastikan tubuh dalam kondisi prima

jaga tubuh selalu sehatKegiatan outbond akan sangat menguras energi, maka setiap peserta outbond haruslah sehat jasmani dan rohaninya. Sebelum melaksanakan outbond, hendaknya perut tidak dalam kondisi kosong karena tubuh membutuhkan asupan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas fisik. Sangat disayangkan apabila peserta outbond menjadi lemas, lesu, dan tidak bersemangat karena kurangnya asupan makanan sebagai sumber energi. Kurangnya asupan makanan ataupun keadaan tubuh yang tidak fit dapat mempercepat timbulnya kelelahan yang memicu timbulnya cedera maupun kecelakaan lainnya.

  • Lakukan pemanasan sebelum memulai kegiatan

Pemanasan sangat penting dilakukan sebelum kegiatan outbond berlangsung. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan tubuh terutama otot dan sendi sebelum melakukan aktivitas outbond. Pemanasan akan mencegah timbulnya cedera yang mungkin terjadi ketika pelaksanaan outbond.

Tips Memilih Jenis Permainan Dalam Outbond

Outbond identik dengan permainan yang bertujuan untuk meningkatkan kekompakan dan dilakukan di kondisi lingkungan alam yang terbuka. Oleh karena itu, pemilihan permainan dalam outbond sangat penting untuk dilakukan. Pemilihan permainan yang tepat juga akan mempercepat penyampaian tujuan outbond itu sendiri, serta lebih mudah membawa mengakrabkan para peserta outbond. Berikut adalah tips untuk memilih permainan dalam outbond.

  • Pilihlah permainan yang dilakukan per kelompok

Permainan outbond hendaknya dapat dimainkan secara berkelompok untuk menciptakan kekompakan antar tim. Permainan berkelompok ini juga dapat mengasah ataupun melatih setiap peserta outbond agar lebih mengenal dinamika kelompok, saling bekerja sama antar tim, dan meningkatkan semangat untuk menjadikan timnya sebagai tim terbaik.

  • Pilihlah permainan yang sederhana tetapi mengandung makna

Permainan yang sederhana tetapi mengandung makna diperlukan agar peserta tidak kesulitan dalam melakukan permainan outbond. Permainan yang sederhana justru lebih disukai daripada permainan yang rumit dalam outbond. Makna dari permainan itulah yang terpenting bisa dipelajari atau diambil oleh masing-masing peserta outbond.

  • Pilihlah permainan yang mengundang tawa atau lucu

Permainan yang mengundang tawa dalam outbond justru menjadikan outbond menjadi lebih seru dan mengasyikkan. Hal ini juga dapat mencegah terjadinya kebosanan bagi para peserta outbond. Permainan yang lucu juga dapat mencairkan suasana sehingga turut menciptakan suasana hangat antar anggota tim.

  • Pilihlah permainan yang dapat dilakukan oleh semua orang

Tidak semua orang memiliki keahlian yang sama maka penting untuk memilih jenis permainan yang dapat dilakukan oleh setiap peserta outbond. Lebih baik menggunakan permainan yang sederhana tetapi dapat dilakukan oleh semua peserta daripada melakukan permainan yang cukup sulit tetapi tidak semua peserta outbond dapat mengikutinya. Kembali lagi ke tujuan outbond yaitu untuk meningkatkan kekompakan maka pilihlah permainan yang bisa dilakukan oleh semua peserta dengan tidak mengurangi tujuan outbond itu sendiri.

Tips Memilih Tempat Outbond

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan sebelum pelaksanaan outbond yaitu pemilihan tempat untuk melakukan kegiatan outbond. Tempat kegiatan outbond turut mempengaruhi jalannya kegiatan outbond. Pemilihan lokasi yang salah akan berakibat buruk yaitu tidak tercapainya tujuan outbond maupun hal-hal lain yang tidak diinginkan. Berikut adalah tips untuk memilih tempat outbond:

  • Waktu tempuh

Waktu tempuh merupakan salah satu pertimbangan untuk memilih lokasi outbond. Apabila outbond akan dilakukan selama dua hari atau lebih, maka pilihlah lokasi outbond yang memiliki waktu tempuh maksimal tiga hingga empat jam. Sedangkan apabila outbond hanya dilakukan satu hari saja maka pilihlah lokasi yang dapat dijangkau maksimal satu jam. Waktu tempuh ini mempengaruhi pemilihan lokasi outbond karena waktu tempuh yang terlalu panjang menyebabkan peserta outbond mengalami kelelahan dalam perjalanan bahkan sebelum mencapai lokasi outbond tersebut.

  • Fasilitas

Fasilitas dalam lokasi outbond menjadi salah satu kriteria untuk menentukan lokasi outbond yang akan dipakai. Lokasi outbond minimalnya harus menyediakan toilet, sound system, maupun tempat yang bersih untuk makan, dan terakhir adalah tempat ibadah. Survey lokasi outbond sangat diperlukan untuk mengetahui fasilitas apa saja yang terdapat pada lokasi outbond tersebut. Apabila survey tidak memungkinkan untuk dilakukan, alternatif lain untuk mengetahui fasilitas apa saja yang terdapat pada lokasi outbond yaitu dengan bertanya pada pihak penyedia layanan outbond.

  • Harga

Harga juga merupakan salah satu kriteria yang penting untuk memilih lokasi outbond yang akan dilakukan. Pemilihan lokasi outbond yang sesuai dengan anggaran dana yang dimiliki akan mengefisienkan pemakaian dana tersebut. Saat ini, terdapat berbagai pihak yang menyediakan paket outbond lengkap berikut harganya. Anda dapat melakukan survei harga sebelumnya untuk memastikan bahwa lokasi yang Anda pilih adalah yang paling sesuai dengan anggaran dana yang Anda miliki.

Demikianlah ulasan mengenai outbond dan serba-serbinya yang pasti akan berguna bagi Anda. Bagaimana, Anda tertarik melakukan outbond dalam waktu dekat ini? Kalau iya, cobalah aplikasikan beberapa tips di atas untuk mendukung kenyamanan outbond Anda. Selamat mencoba. Dan Reservation secepatnya di ADVENTURE TRIP RAFTING.

 

"Trust Us To Adventure"